Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS)

high rise flats, glasgowSekarang ini rumah susun telah menjadi salah satu pilihan tempat tinggal yang paling popular. Banyak rumah susun dibangun dan ratusan orang tinggal di dalamnya. Akan tetapi, tidak semua orang mengetahui aspek legal tinggal di rumah susun. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (“PPPSRS”). PPPSRS adalah entitas yang penting dan memiliki peran yang besar dalam sebuah rumah susun.

Pembentukan PPPSRS

Pembentukan PPPSRS adalah wajib dalam sebuah rumah susun. Pelaku pembangunan wajib memfasilitasi terbentuknya PPSRS paling lambat sebelum masa transisi dari pelaku pembangunan ke penyerahan satuan rumah susun kepada pemilik selesai. Masa transisi ini sendiri tidak boleh melebihi 1 (satu) tahun (sejak penyerahan pertama satuan rumah susun kepada pemilik). Setelah PPPSRS terbentuk, pelaku pembangunan menyerahkan pengelolaan benda bersama, bagian bersama dan tanah bersama kepada PPPSRS.

Anggota PPPSRS

Anggota PPPSRS adalah pemilik atau penghuni yang mendapat kuasa dari pemilik satuan sumah susun.

 

Tugas PPPSRS

Apabila PPPSRS telah terbentuk, pelaku pembangunan segera menyerahkan pengelolaan benda bersama, bagian bersama dan tanah bersama kepada PPPSRS. PPPSRS berkewajiban mengurus kepentingan para pemilik dan penghuni yang berkaitan degan pengelolaan kepemilikan benda bersama, bagian bersama, tanah bersama dan penghunian. Dalam melaksanakan kewajibannya PPPSRS dapat membentuk atau menunjuk pengelola sesuai dengan aturan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PPPSRS.

Nilai Perbandingan Proporsional

Dalam hal PPPSRS memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan kepemilikan dan pengelolaan rumah susun, setiap anggota mempunyai hak yang sama berdasarkan besar kecilnya Nilai Perbandingan Proporsional (“NPP”) yang dimiliki masing-masing anggota. Apa itu NPP? NPP adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara sarusun terhadap hak atas bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama yang dihitung berdasarkan nilai sarusun yang bersangkutan terhadap jumlah nilai rumah susun secara keseluruhan pada waktu pelaku pembangunan pertama kali memperhitungkan biaya pembangunannya secara keseluruhan untuk menentukan harga jualnya. Akan tetapi, dalam memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan kepentingan penghunian rumah susun, setiap anggota berhak memberikan satu suara.

Penguasaan sarusun pada rumah susun umum atau rumah susun komersial dilakukan dengan perjanjian tertulis yang dibuat di hadapan pejabat yang berwenang. Perjanjian tertulis sebagaimana dimaksud harus didaftarkan pada PPPSRS. PPSRS dalam rumah susun umum dan rumah susun komersial menjadi prakarsa peningkatan kualitas rumah susun. Pemilik rumah susun dapat menyampaikan keinginannya untuk peningkatan kualitas, akan tetapi harus disampaikan melalui PPPSRS dan harus disetujui paling sedikit 60% (enam puluh persen) anggota PPPSRS. PPPSRS juga harus memprioritaskan pemilik lama dari satuan rumah susun saat diadakan peningkatan kualitas dari rumah susun agar pemilik lama terjamin satuan rumah susunnya setelah peningkatan kualitas selesai.

Theresia Pasaribu

  • Jika Anda mempunyai pertanyaan seputar Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS), silakan hubungi kami melalui surel ke query@lekslawyer.com

Comments are closed.